Chating Yo..! by BALIwww.com

Chating Yo..! by BALIwww.comSiapa saja orang/tokoh yang memberi pengaruh dan ‘warna’ kepada scene blogging dalam negeri kita Indonesia? Pertanyaan ini merupakan pertanyaan yang menarik dan penting untuk diketahui :D
Sebagaimana entri bloggingly di Tokoh-tokoh Dunia Blogging Internasional, tulisan ini masih jauh dari sempurna. Salah satu faktornya adalah ke-miniman-pengetahuan saya, akan apa yang terjadi di blogosphere generasi awal. FYI, saya baru nyemplung masuk blogosphere di akhir 2007 :P
Tapi lebih baik bergerak dan di koreksi di kemudian hari dari pada tidak sama sekali. Tulisan ini saya harap menjadi tulisan yang wiki-alike. Saya tulis sekarang, dan silahkan anda beri respons melalui form komentar atau forum diskusi kita di facebook page jika memang ada yang perlu di tambahkan, di kurangi, atau di revisi mengenai tulisan ini :)
So here it is:

Tokoh Blogging Lokal (Indonesia)

Enda NasutionBapak Blogger Indonesia, Chairman PestaBlogger 2007, CEO DagDigDug. Ada beberapa cerita tentang mengapa Enda Nasution di sebut sebagai Bapak Blogger Indonesia: Ada bilang karena di masa2 awal blogosphere hanya Pak Enda lah satu-satunya blogger yang sudah memiliki anak, lalu disebut ‘Bapak Blogger’ dan karena giatnya mengkampanyekan blog hingga julukan tersebut disematkan padanya. Ada juga yang berkata karena peran aktif nya menyuarakan tragedi Tsunami Aceh kepada dunia di tahun 2004 melalui media blog.
Budi PutraIndonesian Professional Blogger Pertama, CEO Asia Blogging Network. Menggemparkan blogosphere Indonesia karena keluar dari pekerjaan tetapnya sebagai Wartawan karena lebih memilih menjadi professional Blogger. Di kemudian hari mendirikan jejaring blog indonesia pertama bernama Asia Blogging Network.
Fatih Syuhud – Blogger dari generasi awal yang juga giat mengkampanyekan Bridge Blogging: Ngeblog dalam bahasa Indonesia – Inggris untuk mencakup audience yang lebih luas.
Wicaksono a.k.a. Ndoro Kakung - Chairman Pesta Blogger 2008. Tidak lengkap membicarakan blogosphere Indonesia tanpa NdoroKakung. Dikenal karena gaya ngeblognya yang unik (Sapaan kisanak di setiap akhir post) dan penyampaiannya yang menarik dalam membahas isyu2 aktual.
Raditya Dika – Seleb Blog!. Salah satu orang yang bertanggung jawab atas kian populernya blog. Kambing Jantan, buku yang ditulisnya berdasarkan tulisan-tulisan di blognya yang berisi pengalaman hariannya yang disampaikan dalam gaya yang lucu dan menghibur meledak di pasaran dicetak hingga 25 cetakan lebih. Bahkan dibuat versi komik dan diangkat ke layar lebar. Satu prestasi yang membanggakan.
FYI, saya juga terisnpirasi untuk ngeblog karena blogger yang satu ini. Baca entri yang saya tulis mengenai blog-nya disini.
Ilman Akbar – Pemuda yang secara proaktif dan persuasif mengajak orang untuk ngeblog melalui salah satu blognya: AyoNgeblog.com. Blog yang dengan lantang mengajak dan memotivasi masyarakat untuk ngeblog. Ayo Ngeblog!
Cosa Aranda – Blognya merupakan salah satu blog yang mempopulerkan bisnis lewat blog di Indonesia. (Sayang arsip lamanya tidak lagi di publikasikan) Ada banyak blog yang berbicara mengenai menghasilkan uang lewat blog, namun blog-nya adalah salah satu yang terpopuler. Mengingat cukup banyak blogger yang mulai ngeblog karena motivasi finansial, Cosa Aranda turut memiliki peran sentral dalam hal ini.
Nukman LutfieCEO Virtual Consulting. Virtual Consulting adalah salah satu company Indonesia yang memiliki corporate blog. Pak Nukman Sebagai online strategist juga giat menyuarakan pentingnya social media (blog termasuk social media) untuk pertumbuhan corporate.
Diluar tokoh-tokoh tersebut, ada juga dua Company yang menunjukan kontribusi besar terhadap blogsphere lokal dengan partisipasi dan dukungannya terhadap hajatan nasional blogger indonesia, PestaBlogger: Bubu.com dan Maverick.
***************
Yap, itu dia daftar tokoh-tokoh blog lokal kita. Sebenarnya masih banyak nama-nama yang seharusnya masuk ke dalam daftar tersebut. Tapi saya kekurangan informasi. Maka dari itu, partisipasi anda sangat kami harapkan.
Silahkan sampaikan pendapat anda melalui kolom komentar atau thread di facebook mengenai siapa yang seharusnya ditambahkan ke dalam daftar diatas dan apa yang telah mereka lakukan untuk blogosphere lokal. FYI, daftar diatas bukan daftar blogger terkenal, melainkan daftar tokoh yang ‘melakukan sesuatu’ untuk blogosphere lokal. Jadi, sebaiknya teliti sebelum mengusulkan pendapat anda :)
Enjoy! :D

P.S.

Saya terus berfikir, perlukah nama Roy Suryo dimasukkan ke dalam daftar (tapi bukan sebagai tokoh tentunya, mengingat Roy bahkan tidak ngeblog sekalipun) diatas? Dengan semua statement ‘kepakarannya’ tentang blog, rasanya ada yang kurang jika belum membicarakan kontroversi-kontroversinya. Haha :D
Special Thanks To M. Ilman Akbar yang dengan kerendahan hatinya mau menjadi narasumber artikel ini. Oya, bantuannya tidak ada kaitannya dengan ditampilkan namanya di daftar diatas y, itu semua murni pertimbangan saya.
Semoga dalam 2-3 kedepan nama kita (saya dan anda) juga masuk kedalam daftar orang yang di ‘Tokohi’ di blogosphere :)